Roadmap Materi Belajar Cyber Security Cara Menjadi Hacker Yang Benar Untuk Penetration Testing Dari Pemula Sampai Mahir


             Roadmap materi belajar untuk penetrasion testing dari pemula sampai mahir


Mempelajari dasar-dasar jaringan dan sistem operasi, termasuk protokol jaringan seperti TCP/IP, DNS, dan DHCP.


Mempelajari teknik-teknik hacking etika, seperti reconnaissance, scanning, dan enumeration.


Mempelajari teknik-teknik exploitasi, seperti SQL injection, cross-site scripting (XSS), dan buffer overflow.


Mempelajari teknik-teknik pentesting web, termasuk pengujian keamanan aplikasi web dan pengujian keamanan pada web server.


Mempelajari teknik-teknik pentesting jaringan, termasuk pengujian keamanan firewall, IDS/IPS, dan VPN.


Mempelajari teknik-teknik post-exploitation, seperti privilege escalation, persistence, dan data exfiltration.


Mempelajari cara menyusun laporan hasil pentest dan memberikan rekomendasi keamanan.


Melakukan latihan atau praktik dengan menggunakan platform pentest seperti Kali Linux, Metasploit, Nmap, dll.


Mempelajari regulasi dan standar industri seperti PCI-DSS, NIST, ISO 27001, OWASP, dan lainnya.


Terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi dan metode pentest baru melalui seminar, konferensi, dan bergabung dengan komunitas pentester.



Mempelajari teknik-teknik pentesting wireless, termasuk pengujian keamanan pada jaringan Wi-Fi dan jaringan nirkabel lainnya.


Mempelajari teknik-teknik pentesting mobile, termasuk pengujian keamanan pada aplikasi mobile dan sistem operasi mobile.


Mempelajari teknik-teknik pentesting cloud, termasuk pengujian keamanan pada infrastruktur cloud dan layanan cloud.


Mempelajari teknik-teknik pentesting IoT (Internet of Things), termasuk pengujian keamanan pada perangkat IoT dan jaringan IoT.


Mempelajari teknik-teknik pentesting Industrial Control Systems (ICS), termasuk pengujian keamanan pada sistem kontrol industri seperti SCADA dan DCS.


Mempelajari teknik-teknik pentesting social engineering, termasuk pengujian keamanan melalui teknik-teknik manipulasi sosial.


Mempelajari teknik-teknik incident response dan disaster recovery, untuk mempersiapkan diri dalam menangani situasi yang tidak diinginkan selama proses pentest.


Mempelajari cara menggunakan alat-alat automasi pentest, seperti Burp Suite, OWASP ZAP, Nessus, dan lainnya untuk mempercepat dan meningkatkan efektivitas proses pentest.


Melakukan latihan atau praktik dengan menggunakan platform pentest seperti CTF (Capture the Flag) atau pentest challenge untuk meningkatkan keterampilan dan penguasaan teknik-teknik pentest.



Mempelajari teknik-teknik red teaming dan purple teaming, yang digunakan untuk menguji kemampuan dan kesiapan organisasi dalam menangani serangan yang sesungguhnya.


Mempelajari teknik-teknik threat hunting, yang digunakan untuk menemukan dan menangani ancaman yang tidak diketahui sebelumnya.


Mempelajari teknik-teknik pentesting seluler, yang digunakan untuk menguji keamanan jaringan seluler dan perangkat seluler.


Mempelajari teknik-teknik pentesting web services, yang digunakan untuk menguji keamanan web services dan API.


Mempelajari teknik-teknik pentesting blockchain, yang digunakan untuk menguji keamanan blockchain dan aplikasi blockchain.


Mempelajari teknik-teknik pentesting AI, yang digunakan untuk menguji keamanan sistem AI dan aplikasi AI.


Mempelajari teknik-teknik pentesting machine learning, yang digunakan untuk menguji keamanan sistem machine learning dan aplikasi machine learning.


Mempelajari teknik-teknik pentesting virtual reality dan augmented reality, yang digunakan untuk menguji keamanan sistem virtual reality dan augmented reality.


Mempelajari teknik-teknik pentesting robotics, yang digunakan untuk menguji keamanan sistem robotics dan aplikasi robotics.


Mempelajari cara menggunakan alat-alat threat intelligence, seperti threat intelligence platform, yang digunakan untuk mengumpulkan, analisis dan memberikan informasi mengenai ancaman yang diidentifikasi.


Mempelajari cara mengukur dan mengevaluasi efektivitas pentest dan mengimplementasikan perbaikan berdasarkan hasil pentest.


Mempelajari best practices dalam pentesting, seperti mengikuti prinsip-prinsip etika hacking, menjaga kerahasiaan klien, dan mengikuti regulasi hukum yang berlaku.


Mempelajari teknik-teknik pentesting container, yang digunakan untuk menguji keamanan container dan orchestration platform seperti Docker dan Kubernetes.


Mempelajari teknik-teknik pentesting serverless, yang digunakan untuk menguji keamanan serverless architecture dan platform seperti AWS Lambda dan Azure Functions.


Mempelajari teknik-teknik pentesting digital forensics, yang digunakan untuk mengumpulkan dan analisis data digital dalam investigasi keamanan siber.


Mempelajari teknik-teknik pentesting siber law enforcement, yang digunakan untuk menangani dan menyelesaikan kasus keamanan siber dari segi hukum.


Mempelajari teknik-teknik pentesting incident response, yang digunakan untuk mengatasi dan menangani incident keamanan siber yang terjadi.


Mempelajari teknik-teknik pentesting incident management, yang digunakan untuk mengelola dan melacak incident keamanan siber.


Mempelajari teknik-teknik pentesting threat intelligence, yang digunakan untuk mengumpulkan, analisis, dan memberikan informasi mengenai ancaman yang diidentifikasi.


Mempelajari teknik-teknik pentesting incident response automation, yang digunakan untuk mengatasi incident keamanan siber secara otomatis.



Mempelajari teknik-teknik pentesting incident response orchestration, yang digunakan untuk mengelola dan mengkoordinasikan tanggapan incident keamanan siber.


Mempelajari teknik-teknik pentesting incident response playbooks, yang digunakan untuk mengelola dan mengeksekusi tindakan tanggapan incident keamanan siber.


Mempelajari teknik-teknik pentesting incident response incident management, yang digunakan untuk mengelola dan melacak incident keamanan siber.


Mempelajari teknik-teknik pentesting incident response incident management automation, yang digunakan untuk mengelola incident keamanan siber secara otomatis.


Mempelajari teknik-teknik pentesting incident response incident management orchestration, yang digunakan untuk mengelola dan mengkoordinasikan tanggapan incident keamanan siber.


Mempelajari teknik-teknik pentesting incident response incident management playbooks, yang digunakan untuk mengelola dan mengeksekusi tindakan tanggapan incident keamanan siber.


Mempelajari teknik-teknik pentesting incident response incident management reporting, yang digunakan untuk melaporkan dan menyampaikan hasil dari incident response incident management.


Mempelajari teknik-teknik pentesting incident response incident management compliance, yang digunakan untuk memastikan kesesuaian dengan regulasi dan standar keamanan yang berlaku.


Mempelajari cara mengintegrasikan teknik-teknik pentesting dengan sistem keamanan yang ada, seperti firewall, intrusion detection system, dan security information and event management (SIEM) untuk meningkatkan efekt


ivitas deteksi dan tanggapan terhadap ancaman.


Mempelajari cara mengintegrasikan teknik-teknik pentesting dengan sistem otomatisasi keamanan, seperti security orchestration, automation, and response (SOAR) dan security incident and event management (SIEM) untuk meningkatkan efektivitas deteksi dan tanggapan terhadap ancaman.


Melakukan latihan dan pengujian secara terus-menerus untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam melakukan pentesting, serta mengikuti perkembangan teknologi dan ancaman keamanan yang terbaru.






Mempelajari teknik-teknik pentesting web application, yang digunakan untuk menguji keamanan aplikasi web dan menemukan celah keamanan yang mungkin ada.


Mempelajari teknik-teknik pentesting mobile application, yang digunakan untuk menguji keamanan aplikasi mobile dan menemukan celah keamanan yang mungkin ada.


Mempelajari teknik-teknik pentesting IoT (Internet of Things), yang digunakan untuk menguji keamanan perangkat IoT dan menemukan celah keamanan yang mungkin ada.


Mempelajari teknik-teknik pentesting cloud, yang digunakan untuk menguji keamanan infrastruktur cloud dan menemukan celah keamanan yang mungkin ada.


Mempelajari teknik-teknik pentesting SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition), yang digunakan untuk menguji keamanan sistem SCADA dan menemukan celah keamanan yang mungkin ada.


Mempelajari teknik-teknik pentesting embedded systems, yang digunakan untuk menguji keamanan sistem terkait dan menemukan celah keamanan yang mungkin ada.


Mempelajari teknik-teknik pentesting blockchain, yang digunakan untuk menguji keamanan blockchain dan menemukan celah keamanan yang mungkin ada.


Mempelajari teknik-teknik pentesting machine learning, yang digunakan untuk menguji keamanan sistem machine learning dan menemukan celah keamanan yang mungkin ada.


Mempelajari teknik-teknik pentesting artificial intelligence, yang digunakan untuk menguji keamanan sistem AI dan menemukan celah keamanan yang mungkin ada.


Mempelajari cara mengaudit dan mengevaluasi keamanan sistem yang ada dan mengimplementasikan perbaikan berdasarkan hasil pentest.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar dan mengikuti perkembangan teknologi dan metode pentest baru melalui seminar, konferensi, dan bergabung dengan komunitas pentester.

Cara menyusun laporan hasil penetration testing

Teknik Teknik Hacking Pengujian Keamanan Aplikasi Web