Apa itu TCP/IP


 Penjelasan Jaringan, TCP/IP Secara Sederhana Dan Detail

Jaringan adalah kumpulan perangkat yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain, seperti komputer, router, switch, dan perangkat lainnya. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang mengontrol perangkat keras dan menyediakan lingkungan untuk menjalankan aplikasi.

TCP/IP adalah protokol jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi di internet. Ini terdiri dari dua protokol utama: TCP dan IP. TCP digunakan untuk menjamin bahwa data yang dikirim diterima dengan benar, sementara IP digunakan untuk menentukan alamat unik dari setiap perangkat di jaringan.

TCP/IP adalah singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol, yang merupakan protokol komunikasi jaringan yang digunakan pada internet dan jaringan lokal (LAN) yang terhubung dengan internet. Ini merupakan standar komunikasi jaringan yang digunakan untuk mengirimkan data antar komputer.

TCP digunakan untuk mengatur aliran data dari satu komputer ke komputer lainnya. Ini menjamin bahwa data yang dikirim akan sampai ke tujuan dengan benar dan dalam urutan yang benar. IP digunakan untuk menentukan alamat unik dari setiap komputer yang terhubung ke internet, yang disebut dengan alamat IP.

Contoh penggunaan TCP/IP dapat dilihat ketika Anda mengakses sebuah website melalui browser internet Anda. Browser Anda akan mengirimkan permintaan ke server website melalui protokol TCP untuk mengambil halaman web yang diminta. Server akan mengirimkan balasan melalui protokol yang sama, yang akan diterima oleh browser Anda dan ditampilkan sebagai halaman web yang diminta. Alamat IP server website digunakan untuk menentukan lokasi server dan mengirimkan permintaan ke server yang tepat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Belajar dan mengikuti perkembangan teknologi dan metode pentest baru melalui seminar, konferensi, dan bergabung dengan komunitas pentester.

Cara menyusun laporan hasil penetration testing

Teknik Teknik Hacking Pengujian Keamanan Aplikasi Web